Kilas RPG Lawas Era PS1 Part 1.

Buat kalian yang suka main game ber-genre RPG (Role Playing Game) pastinya sekarang udah nggak susah menemukan RPG yang menarik untuk dimainkan. Gameplay yang interaktif, ditambah map yang udah open-world mendukung kita bisa eksplorasi tanpa harus khawatir sama batasan-batasan koridor dalam satu map. Tapi pernah nggak sih kepikiran untuk coba main RPG jadul atau klasik? Mungkin untuk para generasi milenial dan Z awal, tahun 1990 sampai 2000an merupakan era keemasan game RPG yang ada di platform PS1/PSX. Tanpa map open-world, tanpa grafik super-realistis, tapi yang pasti tidak kalah seru dan malah dikenang sepanjang masa. Disini saya akan coba rekomendasikan untuk kalian yang mau coba game-game tersebut, yuk disimak! 

Wild Arms

Game RPG Jepang yang bertema Wild Western. Dikembangkan oleh perusahaan pengembang video game asal Jepang Media Vision yang rilis pertama kali di Jepang pada tahun 1996 untuk platform PlayStation. Game ini ber-setting di sebuah dunia yang Filgaia. Menceritakan sekelompok petualang yang bernama Dream Chaser.

Disini kita akan bermain sebagai Rudy Roughnight. Rudy dapat mengoperasikan senajata yang sangat kuat yang disebut ARM (Ancient Relic Machine). Selain bermain sebagai Rudy, kita juga diperkenalkan dengan dua tokoh lain yaitu jack Van Burace dan Cecilia Lynn Adlehyde. Nah, sepanjang permainan kita akan mengendalikan ketiga tokoh ini.

Wild Arms menggunakan grafik 2D tetapi ketika sedang fase bertarung animasinya akan berubah sepenuhnya menjadi 3D. Ketika bertarung kita menggunakan sistem turn-based dimana kita akan menunggu giliran untuk melakukan serangan atau sebuah action. Giliran dalam menyerang dan action ini ditentukan oleh Response dari tiap tokoh dan musuh. Semakin tinggi response yang dimiliki maka semakin awal untuk dapat menyerang atau melakukan action.

Selain gameplay yang seru, Wild Arms juga menyuguhkan cerita yang kompleks, waktu untuk menyelesaikan game yang cukup lama dan puzzle yang menantang. Tema western juga menjadi salah satu alasan untuk memainkan game ini karena jarang kita temui dalam RPG Jepang. Untuk yang biasa memaikan RPG mungkin Wild Arms bisa menjadi tantangan tersendiri karena banyak momen-momen yang membutuhkan refleks yang cepat layaknya game action.

Alundra

Game action-RPG yang dikembangkan oleh Matrix software. Disini kita akan bermain sebagai Alundra, seorang remaja yang memiliki kemampuan untuk memasuki mimpi. Cerita dimulai ketika Alundra sedang berlayar menuju desa Inoa dengan menumpang sebuah kapal yang kemudian karam di tengah perjalanan. Alundra kemudian terdampar tidak jauh dari desa Inoa. Diselamatkan oleh Jess yang kemudian menganggap Alundra sebagai anaknya. Seiring berjalannya cerita, Alundra menyadari ada yang aneh dengan penduduk desa yang mulai mengalami mimpi buruk yang mengerikan. Dengan kemampuannya untuk memasuki mimpi sesorang, Alundra mulai menolong penduduk desa untuk mengetahui apa yang sebenarnya sedang terjadi.

Game ini mengadaptasi tema dewasa diantaranya tentang kematian, depresi, takdir dan keyakinan. Dalam game ini kita akan disuguhi dengan sistem combat secara real-time action dan platforming. Hal ini menjadikan Alundra berbeda dengan game-game RPG lain yang cenderung menggunakan sistem turn-based dimana kita akan memasuki suatu fase bertarung dengan menunggu giliran untuk menyerang. Selama permainan kita juga akan menghadapi puzzle dan eksplorasi dunia yang luas.

Alundra mendapatkan kesuksesan secara komersil pada saat rilis dan juga menuai banyak pujian karena gameplay yang smooth, penuturan cerita dan karakterisasi yang baik. Hal tersebut tentunya membuat Alundra menjadi menarik untuk dimainkan.

Legend of Mana

Game besutan Square Soft (sekarang Square Enix). Merupakan instalment keempat dari seri game Mana. Ber-setting di dunia fantasi dimana kita sebagai tokoh utama mencoba untuk mengembalikan daratan Fa’Diel untuk menyelamatkan Tree of Mana.

Dalam game ini tidak seperti RPG lainnya yang ber-plot linear, kita disuguhkan dengan fitur Land Make yang memungkinkan kita untuk membentuk sebuah world structure. Hal ini memberikan kita untuk menjalani sebuah skenario yang non-linear.

Kita akan berperan sebagai tokoh tanpa nama yang ditemani oleh 2 companion. 1 dari companion bersifat pilihan, tergantung dari quest yang sedang kita jalani. Untuk segi combat, Legend of mana menggunakan sistem real-time battle yang memungkinkan kita untuk bebas bergerak dan menyerang musuh.

Banyak hal menarik yang ditawarkan Legend of Mana. Selain merupakan salah satu RPG klasik, kita dapat menjalani berbagai macam mini-quest dari tiap dunia yang kita ciptakan dengan fitur Land Make. Ketika sedang tidak mengerjakan quest, kita juga dapat melakukan hal-hal kecil seperti berkebun, menangkap monster untuk dijadikan peliharaan, weapon crafting, memainkan instrumen musik untuk mempelajari magic spell dan masih banyak lainnya. Untuk ukuran game klasik kayaknya sudah cukup banyak kontennya dan tentunya nggak akan bikin bosen ya.

Chrono Trigger

Merupakan salah satu game terbaik yang pernah ada. Pertama dirilis untuk SNES (Super Nintendo Entertainment System) pada tahun 1995 dan dikembangkan oleh Dream Team yang terdiri dari beberapa pembuat RPG era 16-bit terbaik.

Bercerita tentang silent protagonist bernama Chrono, yang terlibat dalam sebuah petualangan besar untuk menyelamatkan dunia ketika sebuah portal waktu terbuka dan menelan temannya Merle.

Game ini semakin menarik dengan adanya konsep penjelajahan waktu. Dimana kita dapat pergi ke era berbeda yang nantinya apa yang kita lakukan di masa lalu akan secara langsung bisa mempengaruhi masa depan.

Untuk battle system, Chrono Trigger menggunakan Active Time Battle. Musuh yang akan kita lawan selama petualangan akan terlihat di map, tidak tersembunyi dan secara random.

Chrono Trigger juga menyuguhkan konsep “New Game +” ketika kita sudah menamatkan permainan dan melihat credit roll. Konsep ini memungkinkan pemain untuk mengulang permainan dari awal tetapi sudah dalam level karakter yang tinggi. Hal ini memudahkan kita untuk mendapatkan ending game berbeda karena mengingat Chrono Trigger mempunyai beberapa ending yang berbeda.

Final Fantasy Tactics

Satu lagi masterpiece Square Soft dari seri Final Fantasy. Berbeda dengan seri Final Fantasy sebelumnya, Final Fantasi Tactics merupakan game RPG strategi. Cerita dalam Final Fantasy akan terpusat kepada Ramza Beoulve dan Delita Heiral. Ramza adalah seorang bangsawan sedangkan Delita hanya dari kalangan rakyat jelata. Keduanya bersahabat sampai saat remaja sebagai kesatria muda, mereka ditugaskan untuk menyelamatkan putri Ovelia. Mereka mendapati bahwa penculikan putri Ovelia dilatar belakangi oleh perseteruan antara Duke Larg dan Goltanna yang berujung kepada peristiwa War of the Lion.

Game ini menampilkan grafis 3D isometric untuk field dengan karakter animasi 2D yang keren. Dalam fase bertarung kita bisa mengubah angle kamera 90 derajat dan bisa zoom in/out untuk mendapatkan visualisasi yang baik dalam menentukan strategi pada pertempuran. Sistem job dalam game ini juga memungkinkan kita untuk bebas memilih job class apapun untuk semua karakter yang kita mainkan. Mungkin juga untuk mix and match skill kepada semua job untuk mendapatkan kombinasi yang kuat.

Dengan alur cerita yang terbilang serius dan rumit, game ini akan membawa kita menyelami kedalam sebuah konflik perebutan kekuasaan dan pengkhianatan. Penokohan yang solid dan 20 lebih pilihan job class yang bisa dimainkan tentunya akan membuat kita cukup sibuk untuk bermain seri Final Fantasy yang satu ini.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *